Minggu, 23 November 2014

[DIY] Ganti Motor Fan Radiator Hyundai Atoz

23 Nov 2014,
Setelah mencari info di beberapa forum, akhirnya saya melaksanakan hipotesa pertama mengapa Atoz saya ketika macet parah disiang hari dalam keadaan AC menyala temperatur hampir menunjukkan setengah. Saat AC dimatikan indikator temperatur turun tapi masih di atas 1/4.




Ada yang memberi info kalau menggunakan fan motor KW / Merk New Star untuk si atoz, problem diatas akan terjadi, mengingat Atoz saya memang menggunakan fan motor New Star (250-300rb) saya pun mencari toko yang menjual motor fan orisinil Atoz. Ada yang bilang merknya KAMCO, ternyata merknya adalah HVCC (Halla Visteon Climate Control Corp) dan tulisan kuning KAMCO ada terdapat di bagian belakang motor fan tersebut dilengkapi dengan statement licensed by BOSCH wah makin yakin nih kalo motor fan ini bakal mengobati penyakit si ATTOZ.

Lanjut mencari toko yang menjual, beberapa toko di fatmawati jaksel saya tanya bisa pesan Fan Motor Orisinil Hyundai dengan harga 1,1juta, wah sama aja dengan di dealer resmi hyundai 1,15jt, berat juga kalo beli dengan harga itu.

Setelah search google dengan keyword Fan Motor Atoz KAMCO, keluar toko optimus auto part, di web nya harga tertulis klik disini, wahh sudah hampir setengah harga nih penghematannya.

Singkat cerita karena penasaran sama tokonya hari sabtu kemarin 22/11/14 saya langsung menyambangi toko yang bersangkutan di atrium senen lantai 5, alamat lebih lengkapnya silahkan googling sendiri atau buka web nya. Ternyata harga beli langsung ada potongan dari harga yang di tulis di web, wihh syukur dah, makin hemat.

Hari minggu sore sempat juga bongkar - bongkar sendiri fan motor, dulu juga pernah ganti sendiri, jadi masih cukup pede buat bongkar.

Sebelum bongkar saya bandingkan dulu fan motor asli dan kw, wah memang jelas sekali perbedaannya



Alat yang diperlukan
1. Kunci Pas Ring 10 (kunci ratchet 10) kalo ada cukup membantu
2. Tang ukuran sedang
3. Obeng kembang sedang
4. Obeng min
5. Sealant untuk hose




Ada 4 baut ukuran 10 dibagian dudukan motor fan (lingkar merah digambar bawah),  2 baut bagian atas cukup gampang, untuk 2 baut dibagian bawah agak sulit apalagi yang bagian kanan, untuk mempermudah bisa dengan cara mendongkrak mobil bagian kanan, agar saat "ngolong" lebih leluasa.



Lanjut membuka selang hose radiator bagian atas menggunakan tang untuk menekan klip penjepit, letakan agak mendongak keatas agar air radiator tidak terbuang terlalu banyak.



Selanjutnya buka klip fan motor dengan obeng min. Setelah terbuka buka 3 baut kembang(lingkar biru gambar diatas) yang mengait motor fan ke dudukannya.



Setelah itu pasang fan motor dengan urutan terbalik dari saat membongkar.

Semoga masalah overheat alias temperatur indikator diatas setengah mobil bisa teratasi dengan penggantian fan motor yang asli. Kalau hal tersebut tidak juga menjadi solusi, maka ada kemungkinan bagian lain yang rusak yaitu;

1. Radiator mulai mampet (Daya pendinginan kurang)
Biasanya radiator mulai mampet karena umur dan juga ditambah ketidak tahuan pengguna mobil bahwa mengisi atau menambah air radiator harus menggunakan demin (demineralized) water yaitu air yang sudah di hilangkan kandungan mineralnya. Kenapa? karena mineral dalam air akan mengendap akibat perubahan temperatur ekstrim yang terjadi di dalam radiator. Demineralized water biasanya juga digunakan untuk air penambah aki (distilled water) tapi jangan sampai tertukar dengan accu zuur (ini bersifat asam) bisa langsung wassalam semua metal yang terdapat di dalam radiator.
Harusnya indikator temperatur cenderung selalu naik dalam kondisi apapun.
2. Water Pump Rusak (impeller atau sudu pompa nya keropos & habis).
Posisi dari water pump biasanya dibawah timing belt, proses pengecekan & penggantian lumayan ribet, menurut saya memang harus ke bengkel, karena ada beberapa seal - seal yang harus diganti ketika dibongkar.

3. Thermostat Macet (katup satu arah)
Thermostat macet karena umur dan timbunan deposit, akibatnya thermostat tidak membuka dan mesin tidak mendapat aliran air yang sudah didinginkan oleh radiator.

4. Terjadi kebocoran di sambungan hose air radiator atau radiatornya sendiri, dengan indikasi air radiator secara konstan berkurang

5. Tutup radiator yang sudah rusak

Semoga bermanfaat.

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)