Sabtu, 15 November 2014

Share: Solved Bunyi Di Bagian Kaki - kaki Depan Kanan Soluna

15 November 14,
Setelah sebelumnya saya sudah memperbaiki kaki - kaki si Luna, tapi belum puas juga, karena masih ada bunyi yang cukup mengganggu dari bagian bawah kanan tepatnya di bawah kaki pengemudi saat melewati jalan yang tidak rata atau terkadang saat mobil dari posisi stop n go saat di lampu merah.

Cukup menjengkelkan mengingat sebelumya saya sudah mengganti balljoint (kiri kanan), tie-rod(kanan)shockbreaker, dan beberapa part kaki - kaki lain.

Setelah mendapatkan analisa dari Auto2000, dan konfirm bahwa karet lower arm yang sudah rusak, dan jika melakukan penggantian di Auto2000, harga partnya saja adalah Rp.2.500.000,- satu buah, wow, karena di Auto2000 part yang dijual merupakan assy atau assembly unit, maka wajar harganya setinggi itu.

Lower Arm Kiri Soluna (Kepak) 

Singkat cerita karena minggu sebelumnya saya sudah coba ke Bengkel Spesialis Kaki - Kaki Haji Lili tetapi penuh, akhirnya sehari sebelum kesana tepatnya hari jum'at saya tanyakan dulu apakah hari sabtu pagi antrian pelanggan masih ada....alhamdulillah lagi sepi...

Jam 7.45 saya sampai di bengkel haji lilik, di daerah radio dalam (google maps) pintu gerbang bengkel sudah buka, para teknisi juga sudah ada, dan pada sibuk memandikan burung peliharaan mereka hahaha...saya disuruh menunggu Pak Wawan(kepala bengkel) karena yang bersangkutan belum datang. Selisih 20 menit dari saya datang, masuk mobil mercy saya kurang hapal seri apa. 
Suasana bengkel Jam 7.45 - kosong -


Jam 8.45 akhirnya yang ditunggu - tunggu datang, Saya langsung menyampaikan keluhan yaitu karet lower arm (ada yang menyebut bagian ini "kepak") yang sudah rusak, dan Pak Wawan memerintah teknisinya untuk bekerja. Datang lagi pelanggan mobil peugeot tipe minibus

Jam 9.00, Dikerjakan 4 orang, dalam 15 menit lower arm kiri dan kanan sudah berhasil dilepas... cukup cepat juga kerjanya. Datang pelanggan lagi Honda Stream.
Soluna lagi di bongkar



Soluna Bongkar Lower Arm Kiri

Lower arm kanan sudah terlepas

Ada tambahan dari pekerjaan yaitu tie rod sebelah kiri ternyata sudah lemah, dan di bengkel ini bisa di service dengan biaya Rp.100.000,- dengan garansi 1 tahun, iseng Saya mengiyakan dan mau membandingkan daya tahan tie-rod kanan (orisinal toyota seharga 200rb) dengan hasil service dari bengkel Mang Lili

Lower Arm kanan yang karetnya sudah lepas dari tepatnya (akar masalah bunyi - bunyian gludak gluduk)

Jam 9.45 Lower Arm kiri dan kanan karet nya sudah selesai dan rapih terpasang, beserta tie - rod kiri.

Jam 10.00 Semua sudah terpasang seperti semula

Lanjut saya bawa ke tempat spooring ban (Station One) Lebak Bulus karena setting berubah akibat tie rod yang di bongkar.

Jam 11.00 semua pekerjaan selesai

Rincian Biaya
Karet Lower Arm Rp.150.000,- / buah x 2
Service Tie Rod Rp.100.000,- sebelah kiri
Jasa bongkar Rp.300.000,-

Spooring Rp.150.000,-

Masukan (akan dilakukan nanti alias PR)
Long Tie Rod sudah mulai lemah tetapi belum parah
Harga long Tie - Rod Rp.175.000,- / buah
Ongkos Bongkar Pasang Rp.150.000,-

Semoga bermanfaat.

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (17) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (4) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)