Minggu, 04 Januari 2015

DIY Ganti Handel Pintu Luar Soluna yang Patah

04 Jan 15,

Handel pintu Soluna saya patah, sesuatu yang memang mungkin terjadi untuk part yang terbuat dari plastik, dan saya cukup salut mengingat umur handel pintu itu seumur dengan Soluna 2000 saya.

Lanjut beli handel pintu di Pusat Onderdil ITC Fatmawati seharga Klik Disini untuk warna cuma ada warna hitam, untuk masalah warna sepertinya harus cat sendiri.

Alat yang dibutuhkan untuk proses ini adalah


  1. Obeng ukuran sedang phillip head atau plus
  2. Obeng ukuran sedang minus / flat 
  3. Kunci T 10
  4. Tang (opsional jika diperlukan)





Berikut penampakan handel soluna saya yang patah, sebenarnya masih bisa berfungsi tapi agak mengganggu pemandangan kalau dilihat.





Untuk melepas handel pintu bagian luar, tidak bisa dilakukan dari luar, tapi dari bagian dalam pintu.

Posisi baut untuk melepas dashboard pintu bagian dalam seperti terlihat digambar dibawah, ada 3 buah baut plus/phillip head. Sebelum membuka ke tiga baut lepas dahulu penutup berbentuk segitiga di balik kaca spion.



Lepas baut pertama yang terdapat di handel pintu bagian dalam.

Lepas baut kedua dibagian bawah pegangan pintu.

Lepas baut ketiga di bagian ujung pintu, dengan sebelumnya memcongkel penutupnya dengan kunci minus.

Setelah penutup terbuka buka dengan kunci plus/phillip head

Lepas handel bagian dalam dengan menggeser kearah panah seperti di gambar dibawah.

Selanjutnya lepas pengait antara handel dengan besi rod pembuka pintu dengan kunci minus.

Bentuk pengait terlihat di gambar dibawah, cara pengunciannya sederhana, tapi jika tidak tahu mekanisme nya agak sulit membukanya.

Lepas saklar power window dengan cara mencongkel bagian depan saklar ke arah panah seperti terlihat di gambar di bawah.


Setelah saklar power window terbuka, lepas dua buah soket, jangan lupa untuk menekan pengunci soket sebelum coba melepas soket dari pasangannya.

Setelah handel bagian dalam, saklar power window terbuka, buka frame dashboard pintu dengan menggunakan tangan, sistem pengunci nya cuma sejenis kancing, jadi tidak apa - apa untuk menarik lepas frame dashboard pintu ini.

Penampakan bagian dalam pintu soluna kanan depan.

Lepas handel pintu bagian luar dengan menggunakan kunci T ukuran 10. Ada dua buah baut ukuran sepuluh. Posisi pertama cukup terbuka, posisi kedua ada dibalik frame besi pintu, tapi jangan khawatir, ada lubang untuk memasukan kunci T yang kita gunakan.


Lakukan pemasangan dengan urutan kebalikan dari proses membongkar, setelah selesai, jangan lupa tes fungsi semua part yang sudah dibongkar.


Semoga bermanfaat.

Ad

Label

Atoz (2) Do it Yourself (8) GoPro (10) Jasa (1) Jual (9) jupiter (5) Motorcycle (16) mutasi (8) nouvo (19) office (2) Roda4 (17) soluna (17) Travelling (17) vw (3)