Sabtu, 10 Oktober 2015

Toyota Soluna Ganti Kaca Film, 3M & Heat Protection

10 October 2015

Berhubung kaca depan baru diganti, dan harus pasang kaca film, sekalian saja saya ganti semua kaca film depan, belakang, kiri kanan. Sebelumnya kaca film total menggunakan merk spectrum dengan warna silver.

Setelah cari-cari dapat tempat kaca film di BTC Bintaro Trade Center pasar onderdil, nama tokonya Fathan Motor, lokasi nya Lantai 1 H2/46, posisinya dari pintu masuk pasar onderdil BTC jalan tegal rotan, masuk dan harus belok kekanan, ikuti jalan sampai hampir mentok di hook (ada ramp / turunan), toko ada di sebelah kiri, ketiga atau keempat dari toko paling ujung.

Sebelumnya sudah kontak via whatsapp biaya ganti kaca film dengan merk 3M beauty black kombinasi heat protection untuk kaca depan adalah;

Rp. 1.200.000,- 

Di toko juga di jelaskan dengan alat dibawah (kaca film tester merk 3M)





Kaca film 3M black beauty 80% (untuk kaca belakang, samping kiri kanan)
Visible light 10%, artinya cahaya yang masuk hanya 10% alias agak gelap
Infrared Light (panas) 30%, jadi panas yang berhasil tembus sekitar 30%

Kaca film heat protection 40% (untuk kaca depan)
Visible light 40%.
Infrared Light (panas) 15%

Dari pengamatan saya, kaca film black beauty 3M warna hitamnya benar-benar hitam, sedangkan dibandingkan dengan heat protection, heat protection warna nya hitam kearah hijau.

Untuk malam hari bagi yang tidak biasa saya sarankan jangan menggunakan juga kaca film 3M black beauty 80% untuk kaca pintu depan kiri & kanan, kenapa? karena benar-benar gelap jika ingin melihat kaca spion, motor dan mobil dibelakang saat malam hari hanya terlihat lampu nya saja.

Untuk kaca depan menggunakan heat protection 40%, terkadang ada keadaan di malam hari yang saya kira saya lupa menyalakan lampu depan, padahal lampu sudah menyala terang.

Tambahan dari toko ternyata 3M mengeluarkan kaca film tipe FX, dimana tipe itu cahaya infrared tembus 90% alias panas hampir semua masuk kedalam kabin. Tapi ada juga 3M yang lebih palsu lagi, ya kita sebagai pembeli harus pintar-pintar. Saran dari saya jika penjual tidak punya alat tester kaca film, mending di urungkan niat nya pasang kaca film berkualitas menengah keatas disitu.

Dibawah foto sebelum dan sesudah pasang kaca film
Sebelum


Sesudah

Semoga bermanfaat

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Do it Yourself (17) Travelling (17) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) King (4) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) gokart (1)