Rabu, 08 Maret 2017

Cara Menyimpan & Charge GoPro Hero yang dianjurkan

Ini juga saya tulis karena banyak yang GoPro nya mati total tanpa sebab yang jelas.

GoPro baru belum setahun, pakai dibawah 10x, disimpan rapih di dalam wadahnya, 1 hari, 2 hari, 1minggu, 1 bulan.


Begitu mau dipakai, batre di cas, coba di nyalakan tidak ada respon sama sekali.


Kesalahannya dimana?


Menurut analisa saya kesalahannya adalah; pemilik tidak melepaskan batre saat menyimpan GoPro / barang elektronik dalam waktu yang lama dan batre dalam keadaan low batt.


Sah-sah saja menyimpan GoPro dalam keadaan batre terpasang, tapi ada syaratnya, batre harus ada isinya minimum 1 batang atau satu garis, dan lebih baik kalau batre full, dan lebih baik lagi kalau batre dilepas saja.


Ini bukan karena GoPro yang kualitasnya jelek, tapi memang kebanyakan elektronik seperti itu, batre harus selalu dilepas jika ingin disimpan lama (long term storage), makanya anda akan selalu melihat semua alat elektronik yang dijual saat kita terima atau unboxing, batre dalam keadaan terlepas.


Kalau sudah terjadi gimana?


Kemungkinan yang paling besar adalah IC power mati, dan ini cukup tricky untuk di perbaiki, karena tidak banyak ketersediaan sparepart GoPro di Indonesia, kebanyakan kalau di Indo, mainnya kanibal.


Harga IC power GoPro juga cukup mahal.


---------------------------------

Hal lain yang sekalian saya bahas adalah, cara charge GoPro

Banyak pemakai GoPro yang karena tidak diberikan didalam bundling standar GoPro utk wall charger, menggunakan camera langsung sebagai media men-charge batre seperti disarankan oleh pabrikan.


Menurut saya hal ini sangat beresiko, kenapa?



  1. Adaptor charger mA (mili Amperenya bervariasi) dan GoPro membatasi di 1mA, tapi apa anda yakin kualitas adaptor anda akan benar2 hanya men deliver 1mA?
  2. GoPro menjadi panas, dan kadang sangat panas.
Dikatakan bahwa GoPro punya sistem limitasi ampere didalamnya, tapi kenyataannya banyak sekali yang charge langsung GoPro mengalami mati total mainboard?

Saran saya, invest lah lagi sekitar 300-400rb lagi untuk membeli wall charger dan jangan charge batre via camera GoPro langsung.

Hal lain yang harus dihindari adalah menggunakan powerbank ke GoPro kecuali powerbank anda cukup berkualitas bukan abal-abal.

Serta jangan pernah charge GoPro dengan lighter atau colokan mobil, voltase dan ampere mobil itu naik turun mengikuti putaran mesin, saya lihat ada beberapa kasus GoPro mati total karena hal ini.

Dengan wall charger anda bisa boost charge batre anda, dengan adaptor diatas 1mA, tidak ada resiko besar, karena hanya batre saja yang di charge / cas.


Satu lagi, jangan terlalu sering charge GoPro dari laptop, alasannya hampir sama dengan alasan colokan mobil.


Kesimpulan;


1. LEPAS BATRE GOPRO KETIKA DISIMPAN

2. BELI WALL CHARGER, MERK APAPUN

Wall charger itu yang seperti digambar bawah, jadi batre tidak di charge di dalam kamera


Ini merk Wasabi



Ini Merk Smatree

Merk Merk Lain juga banyak, ada juga yang tanpa merk, ga masalah, karena yang penting adaptornya pakai ori bawaan HP, kalau bisa dibawah 1000mA, kan kapasitas batre ori gopro 1160mAh, ya idealnya 1.5jam udah penuh kalau pake 1000mA, tapi kalau sekaligus dua batre yang di cas berarti 3jam, penuh.

Voltase juga diliat ati2, 5V itu max volt yang bisa di tahan batre, dan jangan ketinggalan tidur, gembung broo, karena saat batre sudah penuh, energi tidak dipakai untuk charge, melainkan cuma untuk membuat gas didalam batre, makanya gembung.

ni dari website gopro
https://gopro.com/support/articles/hero4-battery-specifications

The HERO4 battery is a rechargeable lithium-ion battery and is rated at 1160 mAh, 3.8V, and 4.4 Wh.

Cara Menyimpan & Charge GoPro Hero yang dianjurkan
Cara Cek Casing Water proof Camera GoPro Hero yang bocor
Wifi GoPro Hero 4 Silver Tidak Menyala
Pertolongan Pertama pada GoPro Hero yang terkena air laut / tawar
Tata Cara Klaim Garansi GoPro Internasional Gratis
[Share] Ganti Lens Casing GoPro Hero 2

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Do it Yourself (17) Travelling (17) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) King (4) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) gokart (1)