Sabtu, 26 Agustus 2017

Balik Nama BPKB di POLDA Metro Jaya Jakarta Selatan (Jabodetabek)

26 Agustus 2017

Tulisan ini lanjutan dari proses cabut berkas Sepeda Motor(Roda 2) saya di Samsat Gunung Sahari, berlanjut mutasi masuk di Samsat Ciputat
Cabut Berkas Motor Mati Pajak 2 Tahun di Samsat Jakarta Utara (Hari 1)
Cabut Berkas Motor Mati Pajak 2 Tahun di Samsat Jakarta Utara (Hari 2)
Mutasi Masuk Samsat Ciputat dari Samsat Jakut/Jakpus Gunung Sahari

Sedikit info, motor sebelumnya terdaftar di Samsat Jakarta Pusat, sudah saya lakukan balik nama STNK ke Samsat Ciputat, STNK asli dan Plat Nomor baru sudah ada, tapi BPKB masih atas nama pemilik lama, tulisan ini adalah pengalaman saya  saat mengurus balik nama BPKB, kenapa dibutuhkan? karena nantinya saat bayar pajak tahunan biasanya petugas menanyakan BPKB asli saat melakukan pembayaran pajak. Selain itu juga untuk men-sahkan kepemilikan kendaraan bermotor secara legal atas nama saya sendiri.


Sabtu
Jam 07.40 sampai di parkiran POLDA Metro Jaya Jakarta Selatan, biasa di sebut KOMDAK, lokasinya di Semanggi.

Dokumen yang saya bawa untuk mengurus balik nama BPKB

  • BPKB Asli
  • Fotocopy STNK yang sudah atas nama saya
  • Fotocopy cekfisik
  • Fotocopy Kwitansi Jual Beli
  • Fotocopy KTP pemilik baru (saya sendiri)
  • Jangan Lupa bawa pulpen


Parkir di depan Gedung Biru atau Gedung BPKB, pas di depan lapangan yang berfungsi juga sebagai tempat parkir. Saat saya datang para petugas kepolisian sedang apel pagi di lapangan tersebut.

Di depan pintu masuk Gedung Biru banyak ada barisan orang yang di posisikan di kiri gedung, cukup banyak tiga saf dengan jumlah baris sekitar 9-10, berarti kira-kira 30 orang yang di bariskan di sana. 

Saya cukup bingung, ternyata bagi yang tidak mengurus sendiri atau di wakilkan, tidak diperbolehkan langsung masuk ke Gedung. Untungnya saya mengurus balik nama BPKB ke nama saya sendiri, jadi boleh langsung masuk. Identitas(KTP/SIM) diminta dan ditukar dengan kartu akses berkalung(lanyard) merah, di meja depan di cek kelengkapan dokumen dan ditanyakan keperluan apa dan atas nama siapa. Diberikan nomor antrian. Nomor antrian saya 1205.

Menurut saya mungkin karena hari sabtu, lebih diutamakan kepada orang-orang yang mengurus sendiri balik nama BPKB, sedangkan yang di wakilkan atau biro jasa diwajibkan menunggu.

Masuk kedalam gedung, tanya petugas mesti kemana, diarahkan ke sisi kiri, ada petugas-petugas berdiri didepan komputer, serahkan dokumen, petugas akan input nomor BPKB, data pun keluar, dan formulir biru di print otomatis, geser sedikit ke depan printer, ambil Formulir biru tersebut. Diarahkan ke loket Bank BRI.

Minta formulir setoran tunai ke petugas di depan Bank BRI, formulir, dua rangkap, putih dan kuning, isi formulir, cara pengisian ada di meja di ujung kiri, siapkan uang.

Biaya Balik nama BPKB

  • Motor Rp.225.000,-
  • Mobil Rp.375.000,-
Serahkan formulir setoran, petugas akan mengembalikan formulir slip kuning, yang putih diambil petugas, dan kita menerima sticker. Tempel sticker di formulir biru dibawah kanan, diatas kotak tanda tangan.

Sampai disini saya bingung lagi, tenang, tanya petugas apa yang mesti dilakukan, petugas menyatakan tinggal tunggu antrian saja.

Jam 07.52
Antrian di loket 7, 8, 9 tertera di LCP antrian nomor 1090. Waduh, masih 115 nomor lagi yowis pasrah saja sabar.

Jam 07.57 sudah antrian nomor 1100, jadi kira-kira 5 menit 10 nomor antrian, berarti untuk 115 nomor antrian kira-kira 50 menit.

Jam 08.41
Akhirnya antrian 1205 dipanggil, cuma serahkan berkas tadi

  • Formulir Biru yang sudah ada sticker lunas biaya dari BRI
  • BPKB Asli
  • Fotocopy STNK yang sudah atas nama saya
  • Fotocopy cekfisik
  • Fotocopy Kwitansi Jual Beli
  • Fotocopy KTP pemilik baru (saya sendiri)

Petugas akan cek dan cap, kita akan di berikan slip pengambilan. Di slip tertulis 12 September 2017.

Selesai, kira-kira 1jam saja waktu yang dibutuhkan mengurus BPKB ini, tapi dengan catatan datang sepagi mungkin, untuk menghindari antrian.

--------------------------------
Update, 16 September 2017 (Hari Sabtu)
Baru menyempatkan diri ambil BPKB, saya sampai kira-kira jam 8, menunggu antrian beberapa menit.

Karena BPKB atas nama sendiri, tidak bertele-tele, cuma dipanggil nama di BPKB, password untuk mengambil adalah alamat yang tertera di BPKB, kalau anda salah atau keliatan mencurigakan, diminta KTP atau surat kuasa jika diwakilkan.

Kira-kira jam 9, Selesai, BPKB ditangan.
Total Biaya yang saya keluarkan sekitar 1jutaan, semua urus sendiri tanpa calo tanpa agen jasa.


Hari ke-1
Hari ke-2
Hari ke-3
Hari ke-4

UPDATE
25 May 2018 
Dari Pak Budi yang komen di bawah, masih hangat sekali pengalamannya (22 Mei 2018)

budi aja


Infonya sangat membantu sekali, terima kasih.
Pengalaman saya tgl 22 Mei 2018 kemarin. Ngurus balik nama BPKB. ternyata lebih mudah dan cepat.
Prosesnya hampir sama, yg beda :
1. ternyata kartu pengunjung yg diberikan berfungsi untuk akses ke semua komputer input data, termasuk komputer cetak slip setoran BRI jd gak perlu nulis slip langsung taruh kartu di tempatnya langsung otomatis print.
2. setelah panggilan antrian (cuma 10 menit ngantri dari no.1075 ke 1099) , saya serahkan semua berkasnya, terus diberikan slip penggambilan, lalu disuruh kelantai 2 utk ngambil BPKB. nah saya heran emangnya bisa langsung jadi,? gak papa saya ikutin aja, sy tunggu dilantai 2, kira² nunggu 1 jam nama saya dipanggil, lalu ditanyakan alamat sebagai password. dan ternyata benar langsung jadi.gak perlu nunggu 14 hari kerja. MANTAP...saya tanya² ternyata untuk pengurusan balik nama pribadi dapat prioritas langsung jadi, kalau yang diwakilkan mesti nunggu 14 hari kerja.
3. bedanya lagi setelah saya tanya sana sini, proses masuk ke poldanya ternyata sekarang lebih ribet, imbas isu teroris tempo hari, kalau naik motor diluar sebelum masuk harus lepas jaket, helm dan kacamata hitam. kalau jalan kaki harus lewat metal detoktor jaket dilepas & tas diperiksa. itu baru masuk kawasan polda,masuk ke gedung biru, pengurusan BPKB hanya lewat 1 pintu masuk & keluar (pintu sebelah kiri), dan disana semua diperiksa jaket dilepas, tas dibuka/dibongkar isinya, sampai ikat pinggang diperlihatkan, pokoknya super ketat. tp demi keamanan bersama kita ikuti semua prosedurnya.untuk pelayanan didalam saya kasih * * * * * di pintu keluar ada layar touchsceen sebagai nilai kepuasan dari semua pelayanan yang cepat & gak ribet.
catatan : buat yang pakai surat kuasa, harus diperhatikan kata²nya perkata, banyak yang pulang balik gara² tulisannya gak baku katanya, kurang jelas dll, yang pasti harus diketik.
Paling gampang memang urus sendiri.
Demikian semoga bisa membantu yang lain.

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)