Selasa, 13 Februari 2018

Podium 2, Seri-1 D'Event 2018 Sirkuit Sentul, Underbone 4tak, Non Plus


 Minggu, 11 Februari 2018

Ikut berpartisipasi pada ajang D' Event Fun Race Seri-1 - 2018 di Sirkuit Permanen, Sentul Karting atau Sentul Kecil.

Minggu ini cukup sibuk, karena di hari sabtu saya mengikuti tes bahasa inggris IELTS yang baru selesai sore menjelang maghrib. Kondisi fisik tidak fit 100% karena batuk, dan radang tenggorokan. Di perparah karena di porsir untuk tes bahasa inggris IELTS, malah jadi flu, sendi pinggang sakit sampai tidak bisa di tekuk. Panik karena esok hari, di hari minggu sudah daftar untuk balap motor, serta crew R-Flamboyan Racing Team, terutama Chief Mekanik, Bang Ale yang sudah mempersiapkan motor dengan baik.


Cukup memaksakan diri untuk tetap ikut karena tidak mau team kecewa, ditopang vitamin C dan obat batuk, pagi hari ditemani istri berangkat ke Sirkuit Sentul. Padahal malam hari nya tidak cukup tidur karena terganggu batuk yang bisa tiba-tiba membuat terbangun.

Sampai sirkuit sesi Latihan Bebas-1 sudah berlangsung, tidak tergesa-gesa, bersiap memakai wearpack, stretching sebentar. Cek secara cepat saja kondisi motor Yamaha Jupiter Z saya.

Latihan Bebas Sesi-1 selesai, saya tidak bisa bergabung, jadi harus menunggu giliran. Kondisi trek agak basah karena hujan.

Baru ikut bergabung di Latihan Bebas Sesi-2, masuk trek dengan kondisi trek setengah basah, membukukan 2-Lap dengan best time 1:08 (diukur dengan aplikasi RaceChrono), ada yang tidak beres dengan kondisi rem depan. Keluar track, kembali ke paddock R-Flamboyan Racing Team.

Di cek oleh Mekanik Bang Udjie dan Bang Phei, ternyata karena kampas rem masih baru jadi tidak ada cengkraman ke piringan cakram. Kedua mekanik kerja sangat cepat, kampas rem yang masih panas langsung di lepas dan di amplas, 5 menit, ya cuma 5 menit, sudah terangkai kembali dan saya memasuki track lagi, luar biasa memang kerja kedua mekanik ini. Selesai 6 Lap, best time tidak bergeming 1:08, cukup buruk, mengingat saya dan motor ini pernah membukukan 1:05...

Istirahat dan menunggu giliran untuk Latihan Bebas Sesi-3

Di sesi-3, kondisi trek lumayan kering, karena sesi terakhir, lebih ramai, dan bercampur dengan pembalap seeded. Latihan sesi terakhir bisa di bilang yang paling rusuh, banyak yang crash, dan celakanya di R-7 ada oli yang bercecer. 4 Lap saja saya lakukan, best time membaik 1:07.

Kira-kira jam 9, sesi latihan sudah selesai, Race saya di perkirakan jam 11. ini dia saat yang paling saya sukai, yaitu ngobrol-ngobrol dengan team sambil sarapan. Karena suasana santai, team ada beberapa yang bawa anak nya, jadi lebih seperti suasana piknik ketimbang balapan yang mencekam dan aura serius. Kondisi seperti ini menurut saya baik sekali untuk pembalap, karena mental yang baik dan suasana senang itu lebih bagus daripada kondisi mental tertekan. Ini akan pengaruh sekali dengan jalannya balapan nanti.

Disamping kondisi paddock yang happy, juga kondisi motor yang 100% fit, hampir semua race motor-motor yang dibuat R-Flamboyan tidak mengalami trouble, dan percaya atau tidak ada motor jupiter Z yang dipakai balap, sudah 2-tahun tidak pernah jebol atau harus ganti part yang berarti. Awetttt.

Race time, 11 starter, saya start di posisi ke 7, dikelas Bebek 4Tak, Non Plus, dikelas ini saya ditemani 2 rekan satu team, Bang Fadly dan Tiar. Jumlah Lap yang harus ditempuh 5 laps.
Lepas start saya langsung ke posisi 6. Di lap 3 berhasil ke posisi 3, sayangnya Tiar yang di posisi-1 terjatuh karena ceceran oli di tikungan ke - 7, saya dan fadly beriringan di posisi 3 dan 4. Saya duel cukup sengit dengan pembalap di posisi ke-2. Secara kecepatan, motor saya jauh lebih baik dari posisi-2, tetapi gaya balap si posisi-2 ini berbahaya, dan nekat, karena masih muda sepertinya, saya dan dia bergantian menduduki posisi-2.
Hingga di lap ke 4, di tikungan 12 dari 14 tikungan di Sirkuit Sentul, rival saya ini melakukan kesalahan. Saya sudah posisi didepannya dan masuk ke tikungan dari luar ke dalam, dia memaksakan untuk late braking dan berbenturan dengan saya, karena posisi dia didalam, dia tidak bisa berkutik dan terjatuh. Hasil race saya menduduki podium 2 dan Fadly rekan satu team saya di posisi 3.

Cuplikan balap onboard dari helmet camera saya ada dibawah.



Congrats R-Flamboyan Racing Team. 



#Roadrace #Jupiter #Yamaha

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (20) Motorcycle (19) Roda4 (19) nouvo (19) GoPro (17) Travelling (17) Do it Yourself (13) Jual (10) mutasi (9) jupiter (7) Jasa (4) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)