Selasa, 20 Februari 2018

Kondisi Bagian Internal GoPro Hero 5 yang mengalami kebocoran air laut

GoPro Hero 5 korban iming-iming tahan air sampai dengan 10 meter, dipakai berenang dilaut air merembes kedalam, LCD belakang mati total, GoPro saat di charge keluar icon overheat.


Saya pribadi berbela sungkawa dengan keadaan Hero5 ini.

Foto-foto dibawah sesudah sisa-sisa karat di bersihkan dengan brush , sayangnya konektor-konektor tembaga nya sudah mulai menghitam. Padahal kejadian baru sekitar 1-2 minggu.

Maka dari itu, jika anda pemilik Hero5 dan mengalami kebocoran air, entah air kolam atau air laut, se
gera cabut baterai, dan kalau punya kemampuan bongkar total GoPro nya dan keringkan sekering-keringnya semua bagian, disemprot hair dryer, dan setelah itu di kubur di silica gel, jika tidak ada, boleh dikubur di beras.

Keadaan GoPro yang saya bongkar ini paling parah ada di bagian plate stainless depan, metal plate nya sudah berkarat coklat, seperti karat di besi, sepertinya ini korban air laut.

Kalau sudah seperti ini GoPro tidak akan berumur lama, kondisi ini saja menurut saya masih lebih untung, tidak sampai mati total, masih bisa konek wifi untuk melihat hasil.

Kalau masih menyimpan nota pembelian, mending segera klaim garansi internasional tanpa memberitahu kalau kerusakan karena air, tidak berbohong, tapi tidak memberikan semua informasi juga, toh GoPro Hero5 tahan air, kalau air sampai masuk (dengan syarat tidak ada kesalahan dari sisi pemakai, yaitu semua tutup [USB&Baterai) tertutup dengan baik) harusnya itu menjadi kesalahan desain.

Tapi biasanya untuk garansi internasional (singapore) tidak akan di check, karena menurut saya terlalu banyak jumlah GoPro yang ditangani dan biaya teknisi disana mahal untuk cek satu persatu, beda dengan di Indonesia, biaya teknisi murah, mau di cek satu-satu juga di jabani, makanya banyak yang klaim garansi mati karena air di Indo, tidak memberitahukan kalau terkena air, GoPro Indonesia akan tetap tahu. Garansi di tolak. Zonk.

For info kalau pemilik pun mau menutupi kesalahan pemakaian, seperti lupa menutup rapat USB atau baterai, aliran kebocoran air dapat terlihat dari karat-karat sisanya, dan bagian mana yang berkarat akan memperlihatkan sebenarnya air bermula dari mana.
Untuk GoPro di artikel ini, hipotesa saya kebocoran air bermula dari cover USB, masuk terkena IC charger, yang membuat ketika di charge overheat, selanjutnya menggenang di bagian bawah terkena stainless plate depan yang berkarat hebat, next, saat disimpan miring ke arah IC LCD touch screen belakang, yaitu sisi berlawanan dari USB, mengering dan membuat karat disemua bagian yang disentuh air.

Kalau GoPro Heronya sampai mati total gimana? satu2nya cara ya ganti semua komponen yang kena air, mainboard terutama, tapi biasanya kalau ditotal bisa seharga Hero 5 bekas. So pikir-pikir lagi.


Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (17) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (4) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)