Selasa, 13 Februari 2018

Podium 3 Seri Perdana Mesin Potong Rumput GP, Balap Gokart, Exhibition Class

Sabtu, 3 Februari 2018

Bale Kota Mall Tangerang, Jakarta, di Sirkuit Lamtoro Karting, saya mengikuti kejuaraan Balap Gokart, mesin potong rumput GP, kelas exhibition.
Kelas ini diramaikan oleh 12 starter, lomba dijalankan dua sesi, Heat-1 atau Kualifikasi dan Final.


A post shared by Leo A (@27augustaracing) on
Gokart dan grid start di dapat dengan sistem random dari acakan laptop (microsoft Excel) asik juga cara panitia mesin potong rumput GP buat sistem undiannya. Seingat saya, saya mendapatkan gokart dengan nomor 8, kondisi setir kurang baik, tetapi performa mesin oke,



Heat-1 BabakKualifikasi 
Start di grid ke 5, langsung merangsek posisi 4, dan di tikungan pertama masuk ke posisi 3.

Lap ke 3, coba mengejar posisi-2 tapi di tikungan pertama melintir karena terlalu bernafsu. Posisi drop sampai ke posisi akhir, posisi-6, usaha lagi mengejar satu persatu, di lap ke 7 posisi 4 terkejar, selepas garis start bersenggolan dan tanpa sengaja membuat saingan saya melintir, sorry.

Saat melewati tikungan-1, ternyata si pemegang posisi-3 melintir, saya melenggang mengambil posisi-3, di lap akhir karena pemegang posisi-2 dihalangi oleh back marker / posisi-6 yang di overlap, saya mendapatkan keuntungan dan berhasil finish di posisi-2.

Posisi 1 sampai dengan 3, berhak maju ke final memperebutkan podium.

Cuplikan balapan diatas ada di video dibawah;



 Final Race.
Dapat gokart acak nomor-1, start di grid-1, sayang performa mesin kurang oke, selepas start langsung drop ke posisi-2, di tikungan-4, benturan tertahan oleh posisi-1, langsung diambil alih oleh pegokart di belakang, drop ke posisi-4, sepanjang race berusaha mendapatkan posisi-3, di 2 lap akhir akhirnya saya berhasil merebut posisi-3 dan finish. Berhak untuk naik podium





Sedikit bahas tentang mesin gokart yang biasa dipakai ditempat rental gokart.
Honda GX-200
Spesifikasi nya seperti dibawah, power yang dihasilkan 4.8kW setara 6.5HP, dengan torsi 1.35kgf.m@2500RPM atau 16.7N.m, jika dibandingkan dengan sepeda motor honda revo 110cc, 6.56kW, torsi 8.76N.m@6000RPM.

Kalau dilihat mesin Honda-GX ini punya torsi besar, hampir 3 kali lipat, Honda Revo, tetapi power yang dihasilkan selisih 27% lebih rendah dari Honda Revo. Dengan Torsi max yang bisa dicapai di RPM 2500, gokart bisa berakselerasi lumayan dari awal gas ditarik.

Oh iya sistem transmisi gokart. 
Transmisi GX270 
Transmisi otomatis basah/ oil flooded, dengan kopling centrifugal, karakter transmisi nya hampir mirip CVT, harus pintar-pintar jaga RPM.





Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)