Selasa, 13 Maret 2018

GoPro Hero 5, Bocor Air Laut, Keadaan Bagian Dalam Setelah 1 Bulan Lebih

Apa yang terjadi dengan GoPro Hero 5 yang rusak karena masuknya air laut kedalam casing dan membasahi bagian - bagian elektronik didalam, mengendap lebih dari 1 bulan?
Seharusnya diatas card ambarella ada semacam plat lebar yang menutup, foto diatas sudah dalam keadaan terbuka



Jangan tanya, "apakah masih bisa diperbaiki, menggunakan komponen yang sama?" karena jawabannya cukup berat, nanti kamu tidak kuat, yaitu TIDAK BISA.


Sketsa.
User    : GoPro saya mati total, tapi sudah saya keringkan segera. 
Tanya  : Oke pengeringannya seperti apa? bagian luar saja? 
User    : Dengan hair dryer tutup batre dibuka dan udara hangat dialirkan ke lubang batre? setelah itu saya kubur GoPro kedalam silica gel atau beras, agar kelembapan hilang dari dalam GoPro.

Oke yang anda lakukan sudah baik, tapi hal tersebut hanya untuk pertolongan cepat 1-2 jam setelah kejadian. (Mungkin kejadian terjadi pada saat anda trip ke pulau)

Terus setelah saya keringkan dengan hairdryer dan dikubur silica gel, apalagi yang bisa saya lakukan? 

Selanjutnya, jangan pernah penasaran untuk memasang baterai dan coba-coba menghidupkan GoPro.

(Jika tools dan kemampuan ada) Segeralah bongkar total GoPro Hero anda, bersihkan dengan kompressor atau angin bertekanan, celah-celah yang memungkinkan air terperangkap. 

Lanjut lagi dengan membersihkan dengan isopropyl alkohol bukan alkohol untuk membersihkan luka ya, berbeda, isopropyl itu biasa digunakan untuk membersihkan PCB atau barang elektronik. 

Lebih bagus lagi, rendam mainboard kedalam cairan isopropyl alkohol 5-10 menit, dan tiriskan, biarkan alkhol menguap, agar yakin tidak ada isopropyl alkohol tersisa, mainboard tadi bisa diamkan 1-2 hari.

Rakit kembali, jangan lupa baterai di charge. Sebelum coba dinyalakan berdoa dulu, kalau masih rejeki ya mungkin normal kembali. Kalau nggak.....ke opsi terakhir.

Semoga GoPro yang anda punya masih di bawah 1 tahun dan nota pembelian masih tersimpan rapi.

Coba klaim garansi internasional. Caranya di link dibawah.

http://www.27augusta.com/2017/12/tata-cara-klaim-garansi-gopro-gratis.html 




Kembali ke topik utama, apa yang terjadi dengan GoPro yang terkena air laut dan didiamkan lebih dari 1 bulan, jawabannya ada di bawah.


Kondisi mainboard, warna hijau PCB semakin gelap, karena tertutup karat-karat putih. Kenapa putih, karena air laut sudah menguap dan meninggalkan mineral yang kaya garam. Kalau mau coba, boleh di icip, harusnya asin hahaha



Bagian yang paling terlihat sisa-sisa garam air laut, di celah dibalik rumah baterai.



Bagian yang penting yaitu konektor CCD sensor dari lensa ke mainboard, biasanya ditandai dengan kaki kuningan yang menghitam.


Modul voice command yang paling menderita dari genangan air laut. Putih hampir disemua bagian.

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (22) Motorcycle (21) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Do it Yourself (17) Travelling (17) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) King (4) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) gokart (1)