Kamis, 22 Maret 2018

Knalpot Racing saja bisa picu ledakan pom bensin?Menurut saya tidak.

Sempat ramai dan cukup viral video mobil citycar berwarna merah dan angkot biru yang sedang isi bensin di SPBU. Tiba - tiba ledakan terjadi. Video di viralkan dengan keterangan "Akibat Knalpot Racing".



Saya snapshot di detik antara 8-9


Sayangnya di video diatas tidak ada suara jelas, jika ada akan bisa membantu analisa.

Melihat api diatas mungkin sebagian orang langsung mengatakan asal percikan dari ujung knalpot yang katanya racing dari dari mobil merah, (sepertinya Ayla, kita sepakat saja itu Ayla).

DINAMO START / MOTOR STARTER
Menurut saya percikan atau spark itu mungkin juga berasal dari angkot. Lah kok aneh?
Kenapa?
Karena sering saya perhatikan kebiasaan sopir angkot di SPBU, saat antri dia matikan mesin, starter lagi, maju dikit, matikan lagi, starter lagi begitu seterusnya.


Iya memang betul diwajibkan mematikan kendaraan saat mengisi SPBU.

Cuma harap diketahui, resiko terbesar terjadi nya spark atau bunga api adalah saat motor starter berputar. Hal ini tentunya sudah diatasi oleh manufaktur mobil dengan membuat motor starter tertutup dari udara luar semaksimal mungkin. 

Ini juga yang menyebabkan kita harus menghindari terlalu sering start mobil dalam jeda yang pendek karena panas yang dihasilkan tidak bisa keluar sempurna, tiap start itu baiknya di beri jeda, yang sedikitnya 10 detik tiap start panjang, mungkin ini kita bisa bahas di postingan yang lain.

Kembali lagi ke motor starter, dalam kondisi standar oke ini safe, tapi kalau anda punya mobil yang sudah berumur 5-10tahun, mungkin anda pernah mengalami kendala starter dan memutuskan ke tempat service dinamo starter. Saya bukan mau menjelekkan tukang dinamo, tapi mungkin, karena ini hal detail dan tidak mempengaruhi fungsi, mungkin, sering terlupa.



Bayangkan kalau angkot, bagaimana proses servicenya, apa yang diutamakan? MURAH sudah pasti, hasil? yang kadang rapih, kadang tidak rapih.


Jadi kebakaran divideo diatas murni kesalahan antara angkot atau ayla? TIDAK.

Yang benar-benar melakukan kesalahan fatal adalah manager operasi SPBU, kenapa dia membiarkan saat pengisian tangki pendam utama dari truck tangki bahan bakar, SPBU tidak ditutup.

Dia sebagai manager operasi SPBU harusnya cukup paham, saat tangki pendam di terbuka, uap bahan bakar apalagi uap bensin/pertalite/pertamax akan naik ke permukaan jalan dan mencapai komposisi yang cukup untuk terjadinya kebakaran.

BAHAS KNALPOT RACING MEMERCIKAN API?
Jika melihat keadaan video diatas, Ayla nya cukup resik dan standar ya, tapi tidak tau dibawah kap mesinnya, tapi saya yakin standar juga. Kecuali knalpot yang disinyalir racing atau silincer (tabung sebelum ujung knalpot) dilepas biar suaranya kayak mobil balap.



Apa benar cuma dengan membuang silincer api bisa keluar dari ujung knalpot? Nope.

Mengeluarkan api dari ujung knalpot berarti ada cukup bahan bakar+panas+udara diujung knalpot, hal ini cukup sulit, karena mobil sekarang rata-rata injeksi, dan bahan bakarnya benar-benar di irit oleh ECU (engine control unit), jadi kecil kemungkinan, sisa pembakaran masih mengandung bahan bakar. 

Loh kan didalam ruang bakar ada api, apinya keluar sampe ke ujung knalpot, kalau mobil mesinnya masih standar, sulit juga. Oke karena kebanyakan nonton balap mobil atau MotoGP sering liat ada api keluar. 

Mesin mobil balap dan motor balap itu memakai camshaft racing, yang timing bukan tutup klep nya sudah di rekayasa sedemikian rupa untuk menghasilkan power maximum, jadi terkadang timing pembukaan exhaust valve atau klep buang itu terjadi saat masih ada api didalam ruang bakar. 


Kita harus mengerti juga bahwa api keluar itu bukan saat mobil kita injak pedal gas tapi saat kita release atau lepas gas, biasa kalau balap saat mobil atau motor masuk tikungan, kok bisa?
Karena saat kita lepas gas, ECU tidak memerintahkan injektor untuk menyemprot bahan bakar yang cukup sesuai RPM mesin, apa yang terjadi? campuran yang sangat lean atau miskin. Akibatnya karena terlalu miskin saat busi memercikan api, pembakaran terlambat, ya iya orang banyakan udaranya dari bahan bakarnya, akibatnya? saat katup exhaust atau katup buang terbuka, pembakaran masih terjadi, keluar api deh di ujung kenalpot. Duarrr, wew.

Derp: Gw pernah liat mobil drag amerika pas digaspol keluar api. 
Ini lain soal, modifikasi nya extrem dan timing bukaan klep exhaustnya sangat awal, dan kadang dia inject nitrous oxide atau NOS, api diujung knalpotnya sampai biru.

TUMPUKAN KERAK KARBON DI PIPA KNALPOT
Oh iya satu lagi, muncul api dari knalpot juga bisa terjadi kalau tumpukan karbon / kerak karbon sudah cukup banyak di dalam pipa knalpot, kerak ini saat mesin panas ikut berpijar, jadi seperti busi kedua, tapi ga ada manfaatnya sama sekali, malah bahaya, karena bisa memanaskan bahan bakar yang tidak terbakar habis diruang bakar saat proses exhaust atau pembuangan. Hasilnya keluar api juga di knalpot. 
Ini mungkin terjadi di mobil yang berkarburator atau injeksi yang sudah berumur, jadi campuran bahan bakarnya sudah tidak pas. Bisa di cek di ujung knalpot, kalau gas buangnya rasa-rasanya perih di mata, berarti bensin kebanyakan.

SUARA VIDEO
Kalau saja video diatas ada rekaman suaranya, kita bisa memutuskan api berasal darimana, dengan cara
Kalau ada suara starter dari angkot, mungkin percikan dari dinamo start angkot.
Kalau ada suara Ayla merah itu meraung-raungkan RPM (yang saya yakin orang waras tidak gas-gas mobilnya di SPBU), kemungkinan percikan berasal dari knalpot Ayla.

SARAN
1. SPBU harus ditutup saat pengisian tangki pendam, atau kalau anda sebagai konsumen, jangan mau isi bensin saat ada truk tangki sedang parkir didalam area SPBU.
2. Kalau service dinamo starter, pastikan semua bagian tertutup sampai ke plastik-plastik dan karet kecil harus terpasang.
3. Mobil modifikasi khususnya yang memakai camshaft racing, hindari isi bensin di SPBU, beli racing fuel drum, isi di bengkel saja dalam keadaan mesin mati.

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Motorcycle (21) soluna (21) Roda4 (20) nouvo (19) GoPro (17) Travelling (17) Do it Yourself (15) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) Jasa (4) office (3) vw (3) Atoz (2) King (2) gokart (1)