Rabu, 23 Mei 2018

Tambal Ban Sistem Patch Tiptop atau dari dalam area Ciputat Bintaro

23 Mei 2018

Mumpung waktu kerja selesai lebih awal jadi sempet deh ngurus si Luna.
Sudah dari lama niat rotasi ban, karena ban belakang lebih muda umurnya 1 tahun.

Sambil nunggu waktu berbuka, bawa mobil ke tempat service ban



Namanya Zefa Ban, Lokasinya disebelah RM Melayu Deli







Penampilannya sih kayak tambal ban pinggir jalan biasa.
Tapi kalau sudah liat sendiri baru tau kalau ini bukan tempat tambal ban biasa, ini udah semacam wheel and tire service. Alat-alatnya ngalah-ngalahin bengkel gede yang menang modal tempat tunggu AC doang hahaha.


Oke dia punya alat pneumatic (pake kompresor udara) untuk melepas ban, jadi kagak ada cerita di congkel-congkel sampe bopeng itu velg.
Mesin Pembuka Ban
Oh iya sebelum didudukin di mesin pelepas ban ini, dari awal di kerjakan, baut-baut roda dilepasin bukan dengan kunci manual, tapi pake kunci pneumatic juga. Saya udah kesengsem ini melihat alat-alat dia. 

Kelebihan pakai kunci angin (pneumatic) adalah torsi pada saat melepas dan mengencangkan baut tidak berlebihan karena kunci pneumatic ada auto release kalau torsi melewati setelan, ga usah takut mur sleg atau baut sampai patah. Kagak ada istilah pake kunci manual terus nyuruh kenek ambil besi panjang buat ngencengin (so primitive) hahaha.

Saya ada keluhan juga roda kanan depan bocor halus, di cari lah pelan-pelan. Kalau metode cari bocor ya dah saklek dari sono nya. Di kasih air sabun, lihat buih-buih, kalo ga ketemu juga, pakai tahap kedua yaitu di tenggelemin di air, dicari gelembung-gelembung udara. Pas banget untuk ban saya bocor nya sehalus jarum, asli. Ban kempes tiap 2 minggu, kantong jebol juga nambah nitrogen mulu. Mana 1-station bintaro sedang ditutup lagi gara-gara mau buat transpark (curhat), ga ada nitrogen gratisan (khusus pembeli ban di 1-station).

Eh balik lagi, mengatasi bocor halus ini ban di copot separuh, rim atau velg bagian bibirnya di bersihkan, sebentar doang, kuas-kuas, pasang, isi angin kelar.

Lanjut rotasi ban, ban belakang kiri-kanan pindah kedepan smua. paling 2 menit kelar ini, lamaan ngedongkrak nya kwkwkwk. Oh iya ni tempat ban dongkraknya cukup besar untuk angkat Toyota Soluna bagian kiri roda depan dan belakang sampai ga nyentuh tanah, jadi cepet banget mindahin roda nya, ga perlu ngedongkrak 4 kali tiap posisi ban, trus mesti di jack stand atau pakai 2 dongkrak. wus wus wus. Kelar.

Curhat lagi, ni ban kanan belakang yang dipindahin kedepan pernah kena paku, dan karena saat itu saya cari-cari di daerah bintaro rebek alias susah buat dapetin tempat tambal ban metode patch atau Tip Top (tiptop), yaudah dengan sangat terpaksa pake metode cacing atau tusuk-tusuk kuno itu. Makin hari saya perhatikan bekas tambelannya bikin area karet ban retak di bagian karet tambal tersebut, ya memang sudah seharusnya begitu sih, orang kita paksa masukin atau jejelin lem tambalan segede telunjuk, ya karet ban nya kalah.


Tambal tusuk cacing, saya sih ga sreg, cuma kalo kepepet monggo
Ehh abangnya bilang, mending di tambal dalam aja pak. Perasaan pernah baca ngerjainnya lama, kata si abang ini ga lama-lama banget kok. Yaudah masih sejam ini dari Adzan Maghrib, gas dah tambel tip top.

Saya kira karena bekas tambal tusuk-tusuk tu sisa karet yang nongol didalam ban bakal nyusahin, si abangnya kalem aja, dia rakit lagi alat pneumatic selanjutnya, saya sering liat sih bor tuner pneumatic, nah kalo ini versi gedenya, pake kepala cenderung bulat, gunanya buat menggerinda sisa karet tambal tusuk-tusuk tadi. dan sekalian membuat kupasan gitu.

Setelah terkupas merata, dikasih semacam lem cair, tunggu sebentar, ambil patch atau semacam bulatan lakban (bentuknya kayak tompel maenan hahaha)

Di tempel diratakan, selesai, paling lama toko ini mengerjakan 10 menit untuk tambal tip top ini. Luar biasa. Harga nya pun normal untuk tambal tip top.

Secara kasar urutan mengatasi permasalahan ban, dari termurah ke termahal(terbaik)
1. Tambal Cacing Tusuk
2. Tambal Cold Patch atau Tip Top
3. Tambal Hot Patch
4. Ganti Ban Baru (mending ga usah tulis kali ya hahaha)


Isi angin full sebelum di cek bocor

Ban Sudah Terlepas, selang berujung tools warna merah itu grinder/bor tuner


Hasil tambal tiptop (mirip tompel)


Additional info,
Kalau pemain lama repair ban sih Tripanca
http://repairban.com/
Lokasi di Kebayoran lama

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Motorcycle (22) soluna (22) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Do it Yourself (17) Travelling (17) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) King (5) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) gokart (1)