Rabu, 28 November 2018

Ganti Seal Oli dan Seal Debu Shockbreaker Depan Yamaha RX King 2001

24 November 2018

Sudah agak lemah terasa, bantingan shockbreaker Rx King 2001 saya sudah tidak nyaman, memang sudah terlihat dengan mata, diarea suling / batang shock yang chrome ada oli rembes yang melapisi, ini merupakan tanda-tanda shockbreaker tipe teleskopik bocor. 

Dipengaruhi umur seal karet yang sudah uzur membuat karet getas dan tidak memiliki kemampuan mencengkram batang shock dengan baik. Juga tingkat kebersihan, karena bagian ini terpapar langsung udara luar.

Solusi. Ganti Seal.


Saya sempat coba kerjakan sendiri, tapi karena keterbatasan, alat saya urungkan, kalau untuk sekedar ganti seal shockbreaker motor bebek lebih simple dan gampang, tidak perlu alat khusus. Untuk motor sport/laki ternyata harus pakai kunci khusus yang memiliki panjang yang cukup untuk mencapai mur di bagian dasar bagian bawah tabung shock depan.

Disamping itu saya juga tidak punya kunci L Hex ukuran 12 (besar sekali) untuk membuka tutup shock depan bagian atas. Saya coba tanya ke toko tools, untuk kunci L ukuran besar ini harganya lumayan mencapai delapan puluh ribu rupiah, mending sekalian ke bengkel saja buat mereka kerjakan, toh siklus ganti seal shock mungkin 2-3tahunan.

Oh iya, untuk part list
Rx King 2002 sampai dengan 2008
Seal Dust / Sil Debu 3HB-F3144-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.33.000,- / pcs
Seal Oil / Sil Oli 3HB-F3145-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.46.000,- / pcs

Takaran Oli standar adalah 177ml didapat dari berbagai sumber

Pengerjaan saya serahkan ke bengkel spesialis service shock di daerah WR Supratman Ciputat

Maps nya ada di bawah



Proses pengerjaan kira kira 1.5jam, biaya bongkar pasang termasuk oli khusus dari mereka adalah seratus ribu rupiah.

Oli diberikan takaran 200ml. 13% Lebih banyak dari standar 177ml. Efeknya gerakan naik turun shock lebih lambat (rebound lambat).



Seperti terlihat difoto diatas, ada kunci khusus yang panjang untuk cabut baut L hex bagian tabung bottom shockbreaker depan.

Dari proses pengerjaan yang saya perhatikan, terlihat kalau bengkel ini memang sudah cukup berpengalaman mengurus shockbreaker, tidak ada proses bingung langkah dan part-part sensitif yang harus dijaga kebersihannya diberi perhatian khusus.

Suling atau batang shock chrome, diperhatikan benar, dan gores-gores bawaan coba dihaluskan dengan amplas halus + semacam cairan.

Saya cukup puas.

Saat proses bongkar, cukup sulit melepas sil oli yang lama, karena sudah bertahun. Setelah lepas bagian dudukan sil di amplas halus, dibersihkan.

Oh iya karena sil debu saya beli bukan yang orisinil, tapi substitusi punya Suzuki Thunder 125, ada penyesuaian yang harus di lakukan, bibir sil debu di papas gerinda dikit agak pas masuk ke tabung shock.

Clip sil oli juga sempat patah, saya carikan saja ketoko sparepart terdekat, walaupun saran dari bengkel ini tidak perlu pakai clip sebenarnya clip hanya sebagai pengaman, tapi saya kurang yakin jadi mending diganti clip baru.

Selesai pengerjaan, saya rasakan perbedaan yang signifikan, shock lebih mantap atau ajeg, tidak ambles seperti sebelumnya, dan bagian suling/batang shock tidak ada cairan rembes lagi.



Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Motorcycle (22) soluna (22) Roda4 (21) nouvo (19) GoPro (18) Do it Yourself (17) Travelling (17) Jual (12) jupiter (10) mutasi (9) King (5) Jasa (3) office (3) vw (3) Atoz (2) gokart (1)