Jumat, 31 Mei 2019

Catatan Noob Dad : Grafik Berat Badan

Dari hari dimana anak saya kembali kerumah dari lahirnya di Rumah Sakit
Saya dan Istri rutin menimbang berat badan anak kami, rutin sekali, sehari itu 2kali, ya 2kali, setelah mandi pagi, dan setelah mandi sore, bayi kami timbang tanpa pakaian.

Buah kerja keras Istri saya, anak kami sekarang mendekati kurva hijau, jangan tanya seberapa kerass nya usaha Istri saya, se-macho-macho nya Chuck Noris ditambah Dwayne The Rock Johnson ga ada apa-apanya. Susah juga saya tulis disini. Pokoknya luar biasa, kalau anak tau, ga akan lah dia durhaka sama Ibunya yang melahirkan dan merawatnya. Kurang tidur, kurang makan, kurang piknik, setiap detik yang ada di otaknya cuma mengenai tumbuh kembang anak nya.

Saya?, saya cuma sekedar memandikan, ganti pampers, kadang menyuapi ASI dengan cup feeder, bantu cuci alat pompa dan minum bayi, main, bacakan buku, hal-hal kecil yang mensupport Istri saya, ya kalau main mobile legend, saya ini lebih jadi Tank/Support/Mage ketimbang Marksman atau Assassin haha.

Back to topic, tentang berat badan, yang saya cuma perhatikan berat badan saja, bukan perbandingan berat badan dan tinggi badan atau lingkar kepala.

Hasil pengamatan saya terhadap berat badan anak kami. Terpapar dibawah;




Diatas itu mark up kira-kira, diawal agak terseok-seok, sekarang sih sudah lumayan.

Dibawah grafik real data hasil timbang 2x sehari diplot dengan menggunakan app free dari google play BabyTime

Terlihat jelas terseok-seok yang hakiki di awal 20hari, bagi yang mengalami juga, tetap semangat, jangan putus asa.

Oh iya, ASI itu produksinya luar biasa, semua tergantung dari demand, jadi sebisa mungkin anak kita si bayi harus latch terus, untuk merangsang produksi ASI, dan harus rajin pompa, supaya produksi tidak turun (berat?) luar biasa beratnya. Kalau mau commit full ASI, luar biasa usahanya, dan godaan dari luar yang kasih saran, udah kasih sufor aja.

Cara pemberian juga ya pontang panting juga, kami, khususnya Istri saya lebih prefer tidak menggunakan dot sebisa mungkin, jadi pakai cup feeder.

Alhamdulillah sekarang sudah mendekati garis 50th persentil.

Oh iya, grafik diatas bukan untuk banding-banding kan anak kita dengan anak lain, tapi sebagai guidance saja, biasanya, berapa berat badan lahir, itu yang dijadikan acuan, sebisa mungkin tetap mengikuti grafik start awal, anak kami, diawal sedikit diatas15th persentil, dan sekarang bisa mendekati 50th persentil.

Oh iya arti persentil disini cuma sekedar sebaran berat badan rata-rata dari hasil statistik populasi anak sebayanya ya.

Misal 15th, artinya, dari popoulasi data di umur anak sekian, berati, anak kita berat badannya lebih tinggi dari 15% bayi yang ada di dunia, di umur segitu.
Jadi jangan terlalu di obsesikan, misal oh saya maunya 97th, agak impossible, semua tergantung mulai lahirnya di berat berapa, setidaknya harus lahir diangka 4kg an. Kerass boss dorongnya pas lahiran.

Referensi https://www.pregnancybirthbaby.org.au/understanding-baby-growth-charts


Ada lagi kurva Z score, yang ini agak lebih tegas



yang jadi concern jika mendekati kalau dibawah -2 atau -3, langsung ke Dokter Pediatrician/Gizi Anak  saja daripada tanya sana sini dan dapat jawaban mitos dan katanya katanya




Mau mempelajari lebih dalam, pelajari saja training modul WHO dibawah

https://www.who.int/childgrowth/training/module_c_interpreting_indicators.pdf

Untuk grafik bisa di download di link dibawah (biasanya buku kontrol anak ada juga grafik ini)

Z Score curve
https://www.who.int/childgrowth/standards/cht_wfa_boys_z_0_6.pdf?ua=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Do it Yourself (24) soluna (24) Motorcycle (22) Roda4 (21) GoPro (20) nouvo (19) Travelling (17) Jual (13) jupiter (11) mutasi (9) King (5) office (4) vw (3) Atoz (2) Dad (2) Jasa (1) gokart (1)