Jumat, 19 Juli 2019

AC Toyota Soluna tiba-tiba terasa angin saja

19 Juli 2019

Sebenarnya bengkel barusan selesai perbaikan kaki-kaki, setelah beranjak dari bengkel, hidupkan AC loh kok ga adem. dan ada bau aneh (yang baru saya sadari ternyata yang saya hirup itu bau freon) udah deg-deg ser aja, yahhh, keluar duit lagi dah buat benerin AC.



Besoknya saya putuskan mampir ke bengkel AC dekat tempat kerja.

Dibongkarlah semua, di cek satu persatu komponennya.

Tertangkap tersangka utamanya, EVAPORATOR yang udah cukup panjang umurnya, bocor ditengah. Di cek nya dengan kasih tekanan angin kompressor di evap dan di celupkan ke air, mirip tes ban bocor.




Cenut cenut sedikit.

Kalau ganti merk DENSO ori, harganya mahal, jadinya saya browsing2 saja, cari merk pembanding, dapatlah Cool Gear, second line atau versi murahnya dari DENSO, Cool Gear ini diproduksi di bawah lisensi DENSO juga, harganya bisa setengah DENSO, lumayannn. Order, kirim pakai gosend.



Saat proses pemasangan harus ada penyesuaian di tekukan selang evap, karena sedikittt sekali berbeda dengan bawaan nya, jadi agak lama di proses penyesuaian ini.




Dryer juga di ganti baru.



Iseng foto rumah evap yang di dalam kabin dibawahnya ada ECU Soluna, siapa tau kapan-kapan perlu untuk part numbernya, ECU ternyata buatan DENSO ya.



Kita lihat umur pakai EVAPORATOR COOL GEAR yang harganya separuh dari DENSO, kalau tahan 1-2tahun, saya sih bakal pakai lagi, soalnya murah dan performa juga lumayan, AC saya dingin sebagaimana pakai EVAPORATOR DENSO







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (26) Do it Yourself (24) Motorcycle (22) Roda4 (21) GoPro (20) nouvo (19) Travelling (17) Jual (13) jupiter (11) mutasi (9) King (6) office (4) vw (3) Atoz (2) Dad (2) Jasa (1) gokart (1)