Kamis, 10 Oktober 2019

Suara kasar tiap AC Soluna dinyalakan




1 Oktober 2019

Sudah sekitar 1 minggu ada suara kasar dari area mesin ketika menghidupkan AC. Langsung saja bawa ke bengkel AC. Dalam hati saya sudah ada dua tersangka antara center piece kopling atau kompressor, mudah-mudahan bukan kompresor.

Sayangnya....

Baru buka kap mesin dan hidupkan AC, montir bengkel langsung bilang, kompresor pak.

Jiahhh, cari second opinion dulu, saya bawa ke 2 bengkel lain, analisa sama, kompresor.

Nyerah.

Akhirnya saya beli sendiri saja kompresor AC soluna secara online, harga yang agak masuk di kantong itu merk Cool Gear Denso (Made in Indonesia)
Tipe kompressor : 10PA15C JK447200-2700
Design Pressure : High Side 3.53 Mpa, Low Side : 1.67 Mpa




 
Kompresor mulali proses diturunkan.





Kompresor lama, serial number sama, made in Indonesia juga, beda dikit di part number JK447200-1690

Setelah turun, terlihat gram gram (serpihan-serpihan) besi, yang menunjukkan bahwa ada metal atau besi yang sudah hancur, kemungkinan dari gram gram besi ini yang membuat suara kasar saat ac dinyalakan.

Sedihnya lagi, karena ada gram gram besi ini ada kemungkinan serpihan ini sudah masuk ke komponen setelah keluaran kompresor yaitu drier, dibuka drier, ada serpihan, lanjut dari drier dibuka lagi kondensor, ada lagi serpihan di dalam kondensor.

Diberi saran oleh montir, baiknya di ganti saja, kedua komponen tersebut untuk memastikan tidak ada lagi serpihan yang mungkin bersirkulasi didalam sistem AC, saran nya sih masuk di akal. Malas juga kalah dalam beberapa bulan mesti balik lagi untuk turun total AC dan akhirnya part tersebut harus diganti juga. Dengan berat kantong, saya order online lagi lah itu Kondensor dan Drier, sekalian dengan valve/katup ekspansi. Mengingat umur komponen yang dari 2001 belum pernah di ganti.



Kondensor yang saya beli merk ACM, harga dibawah satu juta, semoga awet.

Pipa-pipa bawaan, di turunkan dari mobil, di semprot angin, supaya serpihan yang mungkin terjebak di dalam bisa keluar.

Semua komponen di rangkai kembali, dilakukan pressure test, atau di beri tekanan, dan dicek menggunakan, pressure gauge dan busa sabun ditiap sambungan, memastikan tidak ada kebocoran.

Setelah selesai, sistem AC di vakum, untuk menghilangkan udara-udara didalam sistem AC, setelah selesai, lanjut masukkan Freon.

Total Selesai.

Jadi sekarang hampir semua komponen AC mobil Soluna saya baru, kecuali pipa-pipa nya saja.

---------------------------
Selang 3hari saya balik lagi, ada yang aneh dengan AC mobil saya, saat pelan terasa dingin, tapi pas di tol RPM diatas 2000, malah tidak dingin.
Balik lagi ke bengkel AC tempat pasang, ternyata masalah simpel sekali, katup/pentil tempat pengisian freon kurang kencang, jadi ada kebocoran disitu, cukup di putar dikencangkan, seperti pentil ban mobil/motor, di tambah freon lagi. GRATIS, ya karena kesalahan bengkel, tapi saya maklum karena kemarin akibat menunggu part yang saya order, bengkel yang harusnya tutup jam 5, jadi tutup jam 7 malam, wajar lah kalau ada miss sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

soluna (27) Do it Yourself (24) Motorcycle (22) Roda4 (22) GoPro (20) nouvo (19) Travelling (17) Jual (13) jupiter (11) mutasi (9) King (6) office (4) vw (3) Atoz (2) Dad (2) Jasa (1) gokart (1)