Senin, 14 September 2020

Coba-coba ganti fork depan Sepeda dari RIGID 26 ke Shockbreaker 27.5

14 Sep 2020

Ini benar-benar iseng dan coba-coba, karena ada yang jual Fork depan sepeda pacific ex roda 27.5inch.

Sepeda saya sendiri Senator MTB Road Bike Cross Country, ukuran ban 26 inch (saya tidak akan ganti ban ke 27.5)

Tapi sebelum beli saya pastikan dulu diameter as fork (steer tube) nya.


Pacific fork standard itu sekitar (steer tube) 28.6mm (1 1/8 inch)

Sama persis dengan fork bawaan sepeda saya (hasil ukur 28.8mm) ya sebelas dua belas lah, beda 0.2mm itu setipis kertas.


Sorry editan foto dibawah setengah niat, lagi malas, itu fork sudah terpasang di frame, semua tinggal plug and play, tanpa beli part tambahan.






Dibawah fork lama, sudah terlepas, panjang total for sekitar 60cm, fork pacific panjang total 70cm, jadi ada beda 10cm


Sebelum fork depan diganti

Setelah fork depan diganti
Perubahan;

1. Sepeda jadi lebih tinggi

2. Jarak antara pedal crank dan roda depan jadi ada tambahan, sebelumnya karena frame saya pendek, sering gesek ke sepatu/sendal saat belok U-turn (istilahnya toe overlap), dengan fork baru, jadi ga pernah kena lagi sepatu saya saat belok U-Turn.

3. Yang jadi masalah adalah V-Brake, karena dudukan V Brake fork pacific di posisikan untuk ban diameter 27.5, jadi dengan ban 26, posisi karet rem terlalu tinggi, jadi sulit setel untuk menghindari gesekan ke karet roda. Hasilnya, saya harus melakukan papas ke bibir V-brake arm, dibuat lebih turun (pakai bor tuner). Masalah gesekan ke roda sudah clear.

Masalah lain adalah karena fork shockbreaker ini lebar, membuat V-Brake arm saat melakukan pengereman sangat kedalam, jadi bisa gesek ke karet ban, apalagi nanti kalau karet rem sudah semakin tipis.

Solusi untuk masalah di poin 3 = Ganti Rem Cakram, tapi saya tidak akan lakukan, saya akan tetap mempertahankan V-Brake haha, kenapa? karena tinggal beli karet rem aja lebih sering, yang tetap saja lebih murah daripada upgrade ke rem cakram, harga karet rem satunya max 10rb, berarti bisa sampai ganti 30-40x ganti baru (2set) sama dengan harga upgrade ke rem cakram mekanis hahaha.

*estimasi upgrade ke rem cakram mekanis = 500-600ribu (set cakram, set hub, jari-jari)

tapi menurut saya rem cakram mekanis membuat jari kita harus menggenggam lebih keras saat melakukan rem, karena diameter kontak jadi mengecil (yang tadinya mencengkram velg (diameter 26inch = 660mm), jadi cuma mencengkram cakram/piringan (diameter 160-200mm). 

In nutsheel, cakram Vbrake itu = cakram mekanis menggunakan piringan segede velg. Ya pasti lebih pakem V-Brake. *ini menurut saya, belum tentu benar, saya bukan pakar sepeda.

Jadi kalau mau upgrade harus ke rem cakram hidrolik. (makin saya tidak mau upgrade)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Do it Yourself (27) soluna (27) GoPro (22) Motorcycle (22) Roda4 (22) nouvo (19) Travelling (17) Jual (13) jupiter (11) mutasi (9) King (6) office (4) vw (3) Atoz (2) Dad (2) Sepeda (2) Jasa (1) gokart (1)