Kamis, 28 April 2022

Speedometer Mio J mati

Balikpapan, 20 April 2022   

Gerah liat speedometer mio J yang ga berfungsi sampai buat indikator di speedometer menyala.

kabel speedometer baru, gearbox speedometer baru. masih tetap ga berfungsi, selidik punya selidik liat velg depannya ternyata tonjolan buat pendorong gearbox speedometer nya patah.

Cari-cari velg seken harga lumayan 200rb an, dan beberapa velg seken yang di temukan kondisi sama, rompal di bagian tonjolan untuk speedometer. keluar uang 200rb untuk resiko yang sama ngapain juga kan ya.

Yauda iseng wiken bawa ke tukang bubut, rencana awal mengikuti saran di youtube yaitu buat drat dan tanam baut, saya analisa kemungkinan besar lebih awet.

Sampai di tukang bubut, Mas Dani namanya, malah nyaranin dibuatkan bushing saja, semacam ring dari besi/baja yang di pasang suaian pas ke velg, karena bahannya besi jadi bisa di las.

BTW saya juga coba tanya ke tempat las argon untuk las velg ini (karena material velg alumunium alloy) mirip dengan bahan blok mesin, jadi harus las argon, biayanya 100-200rb. Hampir seharga velg seken nya.

Back to topic, jadi di tukang bubut dibuatkan bushing dan di las lagi besi tonjolannya, tapi harus ada yang di sesuaikan karena bushing membuat diameter pasangan antara velg dan gearbox speedometer jadi clash, terpaksa gasket yang di gearbox speedometer dilepaskan dan sedikit ada penyesuaian di plastik gearbox nya. Biaya? 50rb aja hhehehe, kayaknya ini malah lebih awet.

Selesai dan speedometer mio J berfungsi lagi. Hepi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ad

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Do it Yourself (39) soluna (30) GoPro (28) Motorcycle (27) Roda4 (23) Jual (20) nouvo (19) Travelling (17) jupiter (13) Sepeda (11) mutasi (10) King (8) office (7) vw (6) Dad (5) Jasa (3) Atoz (2) gokart (1)